Nov 19, 2012

Panduan Dasar Microsoft WebMatrix

WebMatrix adalah web development tool gratis dari Microsoft yang menyatukan server web, database, dan programming frameworks menjadi satu. WebMatrix memungkinkan Anda untuk melakukan penulisan program, pengujian sampai publikasi.

Versi Beta dirilis pada tanggal 7 Juli 2010. Diversibeta ini WebMatrix memberikan kemudian untuk para developer dalam belajar membangun situs web dengan ASP.Net Razor Syntax. Dengan dirilisnya WebMatrix ini terdapat 4 hoster yang tergabung dalam program ini yang memberikan Hosting Gratis dengan ruang penyimpanan data sebesar 1GB.

Versi beta 2 dirilis pada tanggal 7 Oktober 2010. Pada versi ini WebMatrix menambahkan beberapa template website dan melalui Microsoft connect para pengguna WebMatrix bisa memberikan feedback dan laporan bug kepada tim developer WebMatrix.

Versi beta 3 dirilis pada tanggal 9 November 2010. Diversi ini WebMatrix bersama Web Platform Installer merubah tampilannya dengan menambahkan bebeberapa fitur baru seperti; menambah template website, Memperbaiki Bug, pengecekan kompatibilitas hoster, Pengaturan database, sampai menambah kolom pencarian pada web gallery.

Instalasi WebMatrix

Karena Webmatrix merupakan bagian dari Microsoft Web Platform jadi untuk menginstal WebMatrix dibutuhkan Web Platform Installer (Web PI) v3, jika sebelumnya anda sudah menggunakan Web PI v2 silahkan update ke v3, Anda bisa mendownloadnya di http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkID=194638. Jika sudah mendownloadnya, jalankan file wpilauncher.exe dan pastikan anda terkoneksi internet karena instalasi membutuhkan koneksi internet. Ikuti Petunjuk sesuai dengan apa yang disebutkan.

Membuat situs dengan WebMatrix

Jika sebelumnya anda sudah terbiasa dengan tools atau code editor yang anda gunakan untuk membangun sebuah halaman web, WebMatrix juga memungkinkan anda untuk membuat halaman web berbasis asp.net dan php dengan mudah.

Kita coba membuat satu halaman sederhana menggunakan WebMatrix. Sekarang Jalankan WebMatrix.Pada halaman Quick Start anda pilih Site From Template. Terdapat beberapa template yang siap anda gunakan untuk membuat situs web. Seperti : 
  • Empty Site. Template ini dapat anda gunakan apabila anda ingin membuat situs web dari awal.
  • Starter Site. Template ini memberikan Anda sebuah situs dengan tata letak yang dirancang secara profesional dengan sistem login.
  • Bakery. Template ini dapat Anda gunakan untuk membangun sebuah situs yang berisi database produk Anda seperti halnya took jual beli.
  • Link Directory. Template ini dapat anda gunakan untuk membuat situs direktori link beserta deskripsinya.
  • Photo Gallery. Template ini dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah situs galeri yang memungkinkan pengguna dapat mengupload dan menampilkan foto dengan system login.
  • Wishlist. Template ini dapat anda gunakan untuk membuat seuatu planning atau harapan yang ingin anda capai. Anda bisa membuat daftar produk yang ingin anda beli dan hanya anda yang tau.
  • Calender. Template ini dapat anda gunakan untuk membuat sebuah kalender pribadi yang bisa di sisipi event pada tanggal tertentu.
Karena kita akan membuat halaman baru maka anda pilih Empty Site dan ubah nama web sesuai keinginan anda. Di bagian atas, Anda melihat Quick Access Toolbar dan ribbon, seperti pada Microsoft Office 2010. Di kiri bawah, terdapat WorkSpace. Di sebelah kanan terdapat konten, yang dapat anda gunakan untuk mengedit dan melihat file, dsb.

Untuk membuat halaman baru anda pilih menu Files di WorkSpace, Kemudian klik Add a file to your Site atau dengan klik New pada toolbar.WebMatrix menampilkan daftar jenis file. Sebagian besar mungkin akrab dengan ekstenssi file seperti HTML, CSS, ASP, Javascript, dan lain-lain.

Pilih CSHTML, dan pada kotak name isi default.cshtml. CSHTML adalah tipe khusus dari halaman dalam WebMatrix yang dapat anda isi dengan pemrograman web html, javascript dan lain-lain. Klik OK, WebMatrix akan membuat halaman baru dan membuka sebuah kode editor.

Untuk lebih jelas dan mudah untuk memahami penggunaan WebMatrix, anda bisa download tutorial berupa ebook secara gratis.

DOWNLOAD

1 Comment:

  • Bali Hotels says:
    1/03/2013 2:03 PM

    Terima Kasih Untuk info nya

Post a Comment